Home > Marketing Strategy > Penelitian Terdahulu Perilaku Konsumen terhadap Teknologi Mobile

Penelitian Terdahulu Perilaku Konsumen terhadap Teknologi Mobile

Beberapa penelitian terdahulu mengenai perilaku konsumen terhadap teknologi mobile adalah sebagai berikut:

  1. Penelitian Peter Tobbin dengan judul “Modeling Adoption of Mobile Money Transfer: A Consumer Behaviour Analysis”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Ease of Use dan perceived usefulness merupakan faktor yang paling mempengaruhi minat konsumen dalam menggunakan mobile money di Ghana. Perceived Trust, Trialability dan Perceived Risk juga mempengaruhi secara signifikan terhadap minat konsumen.
  2. Penelitian Niina Mallat (2007) dengan judul “Exploring Consumer Adoption of Mobile Payments – A Qualitative Study”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keuntungan relatif (relative advantages) pembayaran secara mobile mencakup waktu dan tempat, ketersediaan, kemungkinan pembelian secara remote, dan menghindari antrian. Responden (interviewee) menyatakan pembayaran mobile akan sangat kompatibel dengan konten digital dan pembelian layanan dan pembayaran dengan nilai tunai kecil sebagai komplimen. Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa keuntungan relatif pembayaran mobile tergantung faktor-faktor situasional tertentu seperti kurangnya metode pembayaran lain atau urgensi. Namun demikian, beberapa hambatan penerapan pembayaran secara mobile, termasuk harga premium dari pembayaran, kompleksitas prosedur pembayaran, kurang luasnya penerimaan merchant, dan persepsi resiko.
  3. Penelitian Po-Chien Chang (2007) dengan judul “Understanding Consumers’ Behaviour when Using a Mobile Phone as a Converged Device”. Hasil penelitian menyatakan bahwa meskipun Technology Acceptance Model (TAM) efektif menjelaskan perilaku konsumen dalam konteks teknologi single-function, TAM pelu diperkaya dengan menerapkan multi-function (converged) technologies.
  4. Penelitian Sudarsan Jayasingh dan Uchenna Cyril Eze (2009) dengan judul “An Empirical Analysis of Consumer Behavioral Intention Toward Mobile Coupons in Malaysia”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kredibilitas, kompatibilitas, dan faktor sosial mempengaruhi perilaku dan niat konsumen dalam menggunakan m-kupon.
  5. Penelitian Norazah Mohd Suki (2011) dengan judul “Subscribers’ intention using 3G mobile services”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Usefullness, Perceived Ease of Use, dan Attitude secara bersama-sama mempengaruhi minat untuk menggunakan service mobile 3G. Perceived Usefullness merupakan faktor kunci yang mempengaruhi minat untuk menggunakan service mobile 3G.

Hasil studi ini menegaskan bahwa, dalam konteks teknologi mobile, model adopsi tradisional seperti TAM dapat diterapkan, tetapi perlu dimodifikasi dan diperluas dalam rangka meningkatkan relevansi dengan konteks. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang dominan mempengaruhi preferensi konsumen terhadap aplikasi mobile baru digunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dengan modifikasi dan perluasan pada variabel-variabel tidak tergantung (independence variables).

About these ads
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: