Home > produk > when no news is good news

when no news is good news

Kasus dapat dibaca secara lengkap melalui file: when no news is good news

MASALAH UTAMA:

PT BestBaby, produsen perlengkapan bayi dan furniture dikomplain oleh selebriti karena kecelakaan yang terjadi pada bayi perempuannya yang berumur tiga bulan. Selebriti tersebut menyalahkan produk kereta bayi yang diproduksi PT BestBaby tidak aman dan akan menuntut PT BestBaby secara hukum. Berita ini tersiar ke masyarakat luas, sehingga masyarakat menganggap salah PT BestBaby dan menilai negatif produk PT BestBaby. Dalam hal ini, PT BestBaby mengalami krisis kepercayaan dari masyarakat. Karena masalah utama tersebut dan ketidakpuasan atau komplain karyawan tentang sikap dan perilaku Keith (salah satunya Donna), beberapa manager dan karyawan pun ingin keluar.

FAKTA:

  • Selama ini PT BestBaby mempunyai reputasi yang baik di mata konsumen, dukungan dari para pemegang saham, kesetiaan dari distributor dan pengecer.
  • Bayi perempuan selebriti yang berusia tiga bulan terluka parah karena kereta bayinya meluncur turun di jalanan hingga berhenti di tepi dan kepalanya membentur tembok.
  • Sophie, kakak perempuan bayi tersebut yang berusia 14 tahun membawa bayi tersebut dalam kereta bayinya untuk jogging sore hari dan mengatakan telah mengeset rem kereta bayi sebelum pergi untuk menutup dan mengunci pintu rumah.
  • Tidak seorang pun yang benar-benar mengetahui penyebab kereta bayi tersebut meluncur turun karena tidak ada saksi mata.
  • Donna Di Meola, salah seorang karyawan BestBaby dari bagian industri, menulis sebuah note ke atasannya, Keith Sigismund, pada tanggal 15 Januari 2000, mengatakan produk rem Arzep yang baru tidak kuat menahan roda depan kereta bayi dibanding produk sebelumnya dan mungkin saja dapat melukai seseorang.
  • Keith tidak ingat membaca memo pada hari memo tersebut ditulis dan kehilangan memo tersebut, tetapi Donna menyimpan semua fotokopi memo yang diberikannya.
  • November 1998, PT BestBaby memilih perusahaan Arzep sebagai vendor utama penyedia bahan dan komponen kereta bayi yang baru untuk memotong biaya. Selain itu, Arzep telah mengganti pemasoknya dan menggunakan bahan yang lebih murah dalam rangka untuk mengikis pengeluarannya.

REKOMENDASI SOLUSI:

Kemungkinan dari dampak masalah adalah penurunan penjualan produk kereta bayi dan produk lainnya dari PT BestBaby karena konsumen mengkhawatirkan keamanan bayinya dan terus mendengarkan berita negatif tentang produk BestBaby. Dan jika hal ini terus terjadi, perusahaan bisa kehilangan banyak uang, memecat karyawan, mem-pensiun-dini-kan karyawan, dan bahkan jatuh bangkrut.

Berdasarkan fakta di atas, Greg perlu menyelenggarakan internal meeting, sehingga karyawan mengetahui kasus dari perusahaan dan bukan dari media, merasa bagian dari perusahaan, dan karyawan dapat memberi opini, observasi, saran, serta informasi yang mungkin tidak diketahui manajemen. Selain itu, perusahaan perlu menjaga kerahasiaan agar isi memo dari Donna tidak bocor keluar karena jika keluar, perusahaan dianggap tidak mempedulikan keamanan produk melainkan biaya operasional.

Meeting yang diselenggarakan harus menghasilkan keputusan bersama untuk memecahkan permasalahan ini. Menurut saya, Greg atas nama PT BestBaby perlu membuat pernyataan ke media bahwa selama ini BestBaby mempunyai reputasi yang baik di mata konsumen, dukungan dari para pemegang saham, kesetiaan dari distributor dan pengecer. BestBaby juga mengharapkan dan mendoakan pemulihan yang cepat dan total bagi korban, serta menyelidiki secara internal atas kualitas hasil produk BestBaby yang masih terdapat di gudang, sambil menunggu hasil investigasi dari kepolisian berkaitan dengan kasus ini. Dengan begini perusahaan dapat menghapus opini negatif dari publik berkaitan dengan kecelakaan ini dan publik akan berpikir perusahaan prihatin terhadap keluarga korban, mementingkan kualitas serta keamanan produknya.

Jika salah satu dari hasil penyelidikan tersebut menyebutkan adanya kerusakan atau kesalahan produksi atau rem kereta bayi tidak berfungsi dengan baik, maka perusahaan harus segera menarik kembali semua produk kereta bayi dan mengganti atau memodifikasi rem dengan rem yang lebih baik. Penarikan ini harus disertai dengan pernyataan bahwa perusahaan mementingkan kualitas produk dan keselamatan balita, sehingga tidak ada balita lain yang terluka karena produknya. Kalau dianggap perlu, perusahaan dapat menuntut Arzep atau mengganti vendor bahan dan material kereta bayi ke vendor terdahulu dan memastikan produk dari vendor berkualitas tinggi. Karena solusi ini dapat memperpanjang umur perusahaan.

Penarikan kembali produk perusahaan tidak langsung dilakukan karena jika perusahaan melakukannya, perusahaan akan mengeluarkan banyak biaya dan akan menimbulkan pro dan kontra dari publik, yaitu BestBaby mementingkan kualitas dan keamanan produknya dibandingkan keuntungan yang diperoleh; atau BestBaby dianggap meminta maaf dan mengakui adanya kesalahan dalam produksi.

Perusahaan perlu memberikan perhatian agar kejadian serupa (memo penting yang tidak mendapat perhatian) tidak terulang, seperti mengadakan pelatihan softskill dan manajemen bagi para manajer dan petinggi perusahaan dimana Lisa Ronell sebagai kepala Sumber Daya Manusia (SDM) perlu memantau efek pelatihan tersebut; dan perusahaan memberikan insentif kepada karyawan yang memberi ide cemerlang dan menyampaikan issue yang penting.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: