Home > pemasaran > Competitive Forces PESONA JNE

Competitive Forces PESONA JNE

Analisis Five Forces yang akan mempengaruhi Bisnis Pesona JNE

 a.      Threat of Industry Competitors (Segment rivalry):

Persaingan di model bisnis ini bisa dikatakan sangat rendah, karena sampai saat ini Pesona adalah produk pertama yang menggunakan model bisnis ini. Namun, kemungkinan persaingan tetap ada, yang datangnya dari cabang resmi dari produk kuliner tersebut. Kemungkinan jumlahnya tidak signifikan, karena coverage areanya tidak seluas Pesona JNE. Karena itu segment ini sangat menarik untuk dimasuki.

b.      Threat of Potential New Entrance (Threat of Mobility)

Bisnis ini akan menjadi sangat menarik competitor untuk ikut masuk ke bisnis ini. Bila ditinjau dari barrier atau pembatas untuk masuk dan keluar ke bisnis ini, maka bisnis ini tergolong low barrier for entry dan low barrier for exit. Terutama bagi perusahaan yang sudah memiliki fondasi jaringan distribusi yang luas.

 Pendatang yang potensial untuk ikut masuk ke bisnis ini antara lain:

–          PT. Pos Indonesia

–          DHL dan perusahaan expedisi atau pengiriman barang lainnya

–          Travel Agent

c.       Threat of Buyer’s Bergaining Power

Segment ini sangat menarik, karena bergaining power dari customer rendah. Ini disebabkan customer yang berminat adalah customer yang sedang sangat menginginkan makanan tersebut, atau dengan kata lain ada nilai sentimentil yang sangat kuat. Kondisi ini menjadikan mereka tidak price sensitive, apalagi bila mengingat jarak yang harus mereka tempuh sangat jauh. Hal ini akan menjadikan daya tawar mereka menjadi rendah.

d.      Threat of Substitute Product

Segment ini sangat menarik, karena produk yang ditawarkan merupakan produk yang unik dari segi produk, merk dan khas dari daerah tertentu. Sehingga produk substitusinya dapat dikatakan sangat rendah. Karena alternatif lain yang dapat ditempuh oleh customer yang menginginkan makanan tersebut antara lain:

–          Pergi dan membeli sendiri produk tersebut

–          Memesan melalui orang lain 

Namun mengingat jarak yang harus ditempuh, kemungkinan substitusi di atas menjadi rendah bila jaraknya jauh, dan akan menjadi tinggi bila jaraknya dekat.

e.       Threat of Supplier’s Bergaining Power

Bila ditinjau dari kemungkinan Supplier untuk menaikkan harga, segment ini masih tetap menarik. Karena kemungkinan hal itu terjadi masih dapat diminimalisir dengan bentuk-bentuk perjanjian kerjasama yang saling menguntungkan. Supplier juga akan diuntungkan mengingat dengan kerjasama ini produk mereka akan semakin dikenal luas dan akan meningkatkan pendapatan.

 “Hasil analisa di atas merupakan analisa tambahan dari teman-temanku di WM63 tentang Pesona JNE”

  1. eri palgunadi
    5 July 2010 at 11:13 am

    assalamualaikum

    selamat siang mbak

    perkenalkan nama saya Eri Palgunadi, saya product development manager dari PESONA.

    saya membaca tulisan mbak , dan terima kasih sekali atas ulasannya

    saya mengundang mbak dan rekan , apabila tidak keberatan untuk makan siang bersama untuk ngobrol2 santai.

    waktu dan tempat , bebas saja.

    terima kasih.

    Wassalam

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: