Home > Manajemen Strategik > APAKAH GAME THRESHOLD?

APAKAH GAME THRESHOLD?

Game threshold adalah sebuah game yang merupakan simulasi manajemen, terdiri dari tim Threshold Competitor dan Solo Threshold Competitor. Tim/Solo Threshold Competitor merupakan game komputer yang mensimulasikan perusahaan manufaktur kecil yang memproduksi dua produk : produk 1 dan produk 2. Proses manufaktur terdiri dari membentuk bahan baku (lembaran plastik) hingga menjadi barang jadi. Produk-produk ini dijual melalui pasar eceran kepada masyarakat umum. Kedua produk ini bukanlah produk yang saling menggantikan atau juga saling melengkapi. Artinya bahwa penjualan satu produk tidak akan mempengaruhi penjualan produk lainnya.

Dalam tim Threshold Competitor, Anda adalah bagian dari kelompok yang mengelola perusahaan Anda yang berkompetisi dengan kelompok lain dalam kelas. Setiap kelompok akan mengelola perusahaan yang terpisah yang akan bersaing dengan kelompok lain dalam pasar yang sama. Dalam tim Threshold Competitor, administrator menggunakan komputer untuk memproses keputusan-keputusan yang dibuat oleh kelompok-kelompok mengenai operasional perusahaan setelah mengumpulkan keputusan dari kelompok-kelompok yang bertanding.

Dalam Solo Threshold Competitor merupakan versi main sendiri dari tim Threshold Competitor. Permainan ini menempatkan Anda dalam kompetisi dengan perusahan semi intelejen  yang dikelola komputer dan bukan kelompok lain dalam kelas Anda. Sementara para kompetitor Anda bertindak rasional, mereka bukanlah kompetitor yang serba tahu dan sempurna.

BAGAIMANA CARA KERJA TIM/SOLO THRESHOLD COMPETITOR?

Anda bekerja pada sebuah PC, memasukkan keputusan Anda pada dua layar. Anda dapat mengkaji keputusan-keputusan kwartal sebelumnya dan hasilnya melalui layar atau hasil cetakan selama Anda bekerja.

Pada saat keputusan-keputusan Anda sudah pasti untuk operasi satu kwartal tim Threshold Competitor dan solo Threshold Competitor, maka keputusan-keputusan tersebut akan diproses oleh instruktur Anda (untuk tim Competitor) atau oleh komputer (untuk solo Competitor). Program tim Threshold Competitor dan solo Threshold Competitor akan menentukan jumlah produk yang terjual dari setiap perusahaan dan menghasilkan sejumlah laporan operasi, pemasaran, dan keuangan untuk perusahaan Anda. Program juga akan menilai dan membuat peringkat perusahaan-perusahaan sesuai dengan kinerja mereka pada pendapatan penjualan, return on asset, dan akurasi dalam meramalkan penjualan.

BAGAIMANA CARA KERJA SIMULASI THRESHOLD COMPETITOR?

            Program Threshold Competitor terdiri dari formula matematika dan seperangkat peraturan. Formula-formula ini dan peraturan memungkinkan program untuk bersimulasi atau menirukan hasil yang mungkin terjadi dari keputusan bisnis di dunia nyata. Jadi, contohnya, program Threshold Competitor dapat menentukan berapa banyak penjualan perusahaan akan dipengaruhi oleh harga-harga produk para pesaingnya.

            Anda akan membuat sekitar 30 keputusan untuk mengelola setiap periode operasi dalam mengelola perusahaan Threshold Competitor Anda. Setiap periode operasi mewakili satu kwartal (tiga bulan) dari tahun kalendar. Anda mulai mengelola operasi Threshold Competitor pada kwartal 1 (Januari-Maret) dan terus membuat keputusan selama kwartal-kwartal berikutnya. Seperti juga jika Anda mengelola sebuah perusahaan yang nyata, tujuan Anda adalah untuk mengelola perusahaan Threshold Competitor Anda seefesien dan seefektif mungkin. Dengan berlalunya setiap kwartal operasi, maka Anda harus bekerja untuk meningkatkan kinerja Anda dengan menganalisis hasil-hasil Anda, mengidentifikasi kesalahan-kesalahan dan memodifikasi keputusan Anda untuk menghilangkan kesalahan tersebut.

PRODUK PERUSAHAAN ANDA

Produk: Produk 1 dan produk 2 – bukan subsitusi atau saling melengkapi.

Dengan ketahanan yang dimiliki produk Anda, maka kemungkinan kecil adanya pembelian kembali yang segera oleh konsumen. Hal ini berarti jika seorang konsumen baru saja membeli sebuah produk Anda pada kwartal 1, maka konsumen tersebut tidak akan membeli lagi pada kwartal 2. Sebagai konsekuensinya, Anda harus mengasumsikan bahwa penjualan untuk kwartal tertentu akan timbul dari konsumen baru yang tertarik pada produk Anda berdasarkan usaha pemasaran kwartal itu dan karakteristik produk. Anda tidak bisa mengasumsikan bahwa konsumen akan membeli produk Anda akibat pengalaman masa lalu dengan produk tersebut. Sebagai tambahan, perusahaan Anda masih terlalu muda untuk pasar untuk mengharapkan kepuasan merk produk satu akan meningkatkan penjualan produk lainnya. Secara singkat, Anda harus berusaha untuk memperoleh penjualan pada kwartal tersebut. Loyalitas terhadap merk tidak termasuk dalam lingkungan penjualan Anda.

SEJARAH PERUSAHAAN ANDA

            Sekelompok kecil investor menyediakan pendanaan yang dibutuhkan untuk mendirikan perusahaan. Perusahaan Anda merupakan perusahaan tertutup karena investor memilih untuk tidak menawarkan sahamnya kepada masyarakat umum. Investor memilih Anda untuk menjalankan bisnis mereka dan mereka hanya sebagai financiers. Para pemilik, perusahaan mengharapkan kinerja yang tinggi dan akan menerima laporan kwartalan yang akan membandingkan kinerja Anda dengan perusahaan lain dalam industri.

            Di awal permainan, laporan yang tersedia hanya laporan pada kwartal 0 dan Anda akan mulai bekerja dari kwartal 1. Berikut informasi pembelian yang dilakukan investor untuk membantu Anda mengelola perusahaan pada kwartal 1:

  • Pabrik berkapasitas 11.100 unit senilai $499.500
  • Terdapat 45 karyawan produksi
  • 6500 unit bahan baku produk 1 dan 5500 unit bahan baku untuk produk 2 saat kwartal 0
  • Untuk mendanai semua kegiatan ini, para pemilik menyerahkan $249.500 dari uang mereka dan memperoleh hipotik senilai $250.000 untuk membeli pabrik mereka.
  • Pinjaman jangka pendek memenuhi pembelian bahan baku, biaya merekrut tenaga kerja dan biaya kantor umum untuk periode itu.

 STATUS PERUSAHAAN ANDA SEKARANG

  • Sepanjang Anda memiliki bahan baku yang diperlukan dan tenaga kerja, Anda dapat memproduksi berbagai kombinasi dari kedua produk selama berjumlah total 11.100.
  • Jumlah maksimum produksi lembur karyawan yang diperbolehkan adalah 50% di atas kapasitas normal pabrik. Pada tingkat kapasitas yang sekarang 11.100 unit, maka maksimum produksi menggunakan lembur maksimum adalah 16.500 (11.100+5.550).
  • Beban lembur dua kali tarif tenaga kerja.
  • Anda akan kehilangan 10% dari tenaga kerja yang Anda pekerjakan setiap kwartalnya.

 PASAR PERUSAHAAN ANDA

            Ramalan pasar dapat Anda beli dari peramal ekonomi melalui opsi riset pasar pada layar “keputusan Pemasaran” dan “Riset Pemasaran”.

 HARGA PRODUK

Dalam Threshold Competitor, perusahaan-perusahaan beroperasi dalam pasar oligopoli. Hal ini berarti hanya sedikit perusahaan yang memproduksi produk tersebut dan dijual dalam industrinya. Dalam industri ini, harga merupakan hal yang penting bagi konsumen. Permintaan terhadap produk sangat tergantung pada harga.

Diringkas dari buku “Threshold Competitor – Sebuah Simulasi Manajemen versi 3.0 (terjemahan)”

Persiapkan diri Anda bermain Game Threshold dengan membaca blog saya berikutnya: “Persiapan untuk Bermain Game Threshold

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: