Home > Manajemen Strategik > PERSIAPAN UNTUK BERMAIN GAME THRESHOLD

PERSIAPAN UNTUK BERMAIN GAME THRESHOLD

           Setelah membaca dan mengerti “Apa itu Game Threshold?“, maka Anda dapat bersiap untuk memainkan game ini. Untuk bermain game threshold (Tim Threshold Competitor) dan berkompetisi dengan tim lain dalam kelas, Anda perlu membaca informasi yang saya bagikan di bawah ini dan memformulasikannya dalam template excel yang Anda buat sendiri. Bahkan Anda dapat mencetak form isian yang akan Anda gunakan untuk mengisikan keputusan Marketing dan Production/Finance Anda secara terrulis terlebih dahulu sebagai dokumen Anda untuk Checker dan history keputusan Anda secara hardcopy. Kemudian berbagi tugas dengan teman-teman Anda dalam satu kelompok siapa yang akan bertanggung jawab untuk mencari keputusan produksi, finance, pemasaran, alokasi tenaga kerja, memecahkan dilema, dan siapa yang akan menjadi QC (Quality Control) atau pengambil keputusan terakhir untuk semua keputusan anggota tim Anda, siapa yang akan bertindak sebagai time reminder kelompok Anda, dan bahkan sebagai pengisi keputusan ke komputer.

            Di dalam Game Threshold, ada dua keputusan yang harus Anda isikan di setiap kwartal, yaitu: “Marketing Decisions” dan “Production/Finance Decisions”. Keputusan-keputusan tersebut akan meliputi: pemberian harga, iklan (TV, surat kabar, dan majalah), informasi riset pasar (misal: ramalan permintaan dan kegiatan-kegiatan pesaing). Berikut gambaran form isian kedua keputusan tersebut beserta keterangan biaya, batasan input, dan sebagainya.

Marketing Decisions

Marketing Decisions   Product 1 Product 2 Pengaruh Batas
  Price ($)     Segera (0-99)
  TV Ads (minutes)     Segera (0-99)
  Newspaper (Column Inches)     Segera (0-99)
  Magazine Ads (Pages)     Segera (0-99)
  Sales Forecast (units)     Tdk ada (0-99999)
             
Marketing Research Decisions        
  Price   TV Ads      
  Newspaper Ads   Magazine Ads    
  Product Quality   Units Sold    
             
  Sales Potential (Qtr)        
                 

 Biaya Iklan sebagai berikut:

Jenis iklan Harga Diminishing Return Keterangan
TV Ads 5000 seminggu sekali selama 13 mg dalam 1 kwartal
Newspaper 1000 Pengaruh iklan sekarang dan akan terus berlangsung ke kwartal selanjutnya
Magazine Ads 3000  

 Biaya Riset Pasar

Riset mengenai: Satuan Harga
Price ($)         5.000
TV Ads (minutes)         5.000
Newspaper (Column Inches)         3.000
Magazine Ads (Pages)         4.000
Kualitas produk ($)         2.000
Penjualan (unit)         5.000
Potensi Penjualan      10.000

            Bagian terpenting dan jangan lupa untuk selalu Anda isi adalah bagian Marketing Research Decisions: Sales Potential (Qtr). Sales Potensial perlu Anda isi berupa angka quarter yang hendak Anda ketahui potensial demand-nya. Jika Anda sedang berada di quarter 1 maka isikan Sales Potential dengan quarter 3, jika berada di quarter 2 maka isikan Sales Potensial dengan quarter 4, demikian seterusnya. Dari sini, Anda dapat melihat bahwa Sales Potensial harus diisi dengan penambahan angka 2 dari quarter saat ini. Mengapa demikian? Hal ini karena Anda sedang memutuskan untuk membeli hasil riset mengenai potensial demand pasar untuk kwartal tersebut. Jika Anda isi “Sales Potential (Qtr)” dengan “3” maka Anda akan mendapatkan data perkiraan demand produk 1 dan produk 2 – kwartal 3 pada layar “Marketing Research” kwartal berikutnya. Hal ini penting karena Anda dapat memutuskan berapa banyak raw material yang perlu Anda beli pada kwartal berikutnya berdasarkan data potensial demand yang Anda telah beli di kwartal sebelumnya.

           Singkatnya sbb: Pada quarter 1 Anda beli Sales Potensial (Qtr): 3. Hasilnya, Anda lihat di layar “Marketing Research” bagian bawah saat quarter 2. Di quarter 2 ini, Anda dapat memutuskan raw material yang perlu Anda beli berdasarkan data potensial demand quarter 3 yang telah Anda beli tersebut.

           Berikut form “Production/Finance Decisions”:

Production/Finance Decisions

Production Decisions   Product 1 Product 2        
  Buy Raw Materials (#)     (0-99999)  
  Spending on Quality ($/Unit)     (0-20000)    
  Unit Produced  (#)     (0-99999)    
                 
  Worker Hire   Fire   Lay Off    
  Plant Capacity(# of Units) Buy   Sell        
  HR Dev     (0-99999)        
                 
Finance Decisions              
  Short-term Loan Request   (0-700000)   S.T Investment Deposit   (0-999999)
  Mortgage Request   (0-9999999)   Withdrawal   (0-999999)
    Extra Payment   (0-999999)        

            Karena pada kwartal 0 investor membeli 6500 unit bahan baku produk 1 dan 5500 unit bahan baku untuk produk 2, maka jumlah produksi Anda di Quarter 1 (selanjutnya disingkat menjadi: Q1) adalah maksimum 6500 unit untuk produk 1 dan 5500 unit untuk produk 2.

Berikut hal-hal lain yang perlu diperhatikan untuk mengambil keputusan produksi/finance:

  • Terdapat diskon kuantitas sebesar 15% dari biaya total bahan baku yang dibeli, jika membeli raw material >=15.000 unit/produk
  • Biaya Bahan Total = Biaya bahan + Biaya Simpan. Sehingga jika membeli berlebih raw material maka akan ada biaya tambahan yaitu biaya simpan.
  • Terdapat ketidakpastian pengiriman bahan baku
  • Pengembalian yang menurun (diminishing returns) juga berlaku pada kualitas produk. Hal ini berarti bahwa walaupun Anda telah menghabiskan uang untuk kualitas produk, para pesaing Anda mungkin dapat menjual lebih banyak lagi.
  • Biaya layoff pekerja $500/pekerja. Layoff adalah keputusan untuk menghentikan pekerja untuk satu kwartal saja.
  • Kehilangan karyawan 10%-nya tiap kwartal

           Kwartal 0 terdapat 45 karyawan, dan karena hilang 10%-nya (yaitu 4 karyawan) maka di Quarter 1, Anda hanya mempunyai 41 karyawan dan Anda perlu hire 4 pekerja lagi. Efek keputusan ini adalah segera.

  • Jumlah maksimum produksi lembur karyawan yang diperbolehkan adalah 50% di atas kapasitas normal pabrik. Pada tingkat kapasitas yang sekarang 11.100 unit, maka maksimum produksi menggunakan lembur maksimum adalah 16.650 (11.100+5.550).
  • Tenaga kerja dianggap lembur jika: a) > 120% kapasitas pabrik dan b) lebih dari hasil produktivitas pekerja
  • Anda dapat memproduksi 20% diatas kapasitas pabrik tanpa terkena biaya lembur.
  • Beban lembur = 2x tarif Tenaga Kerja (TK)
  • Butuh waktu 1 kwartal sebelumnya utk kontrak dan melatih pekerja.
  • Setiap pekerja awalnya dapat memproduksi 250 unit produk 1 atau 300 unit produk 2.
  • Biaya kontrak & latih $2000/pekerja
  • Gaji awal per pekerja per kwartal adalah $4000
  • HR Dev (pengembangan SDM) mengarah pada produktivitas pekerja yang lebih rendah. Investasi dalam pengembangan SDM di kwartal 1 mungkin meningkatkan produktivitas pekerja pada kwartal 2.
  • Short-term Loan merupakan permintaan pinjaman jangka pendek untuk membiayai operasi Anda sekarang.

           Jika Anda tidak meramalkan uang tunai tunai secara akurat dan mengakhiri suatu kwartal dengan saldo uang tunai negatif, bank Threshold Competitor akan secara otomatis menyediakan perusahaan Anda dengan pinjaman darurat agar saldo uang tunai perusahaan menjadi nol. Penalti untuk jasa ini adalah tingkat bunga ganda atas tingkat bunga jangka pendek normal atas jumlah total pinjaman yang diperlukan untuk kwartal tersebut.

  • Semua pinjaman jangka pendek yang Anda pinjam pada akhir sebuah kwartal harus dilunasi pada kwartal operasi berikutnya.
  • Pengaruh Short-term Loan, Mortgage, S.T Investment (Deposit/ Withdrawal): Langsung/ segera.
Biaya HR dan keputusan Finance
Workers’ Quantity Wages 4000
Hiring Costs per Worker 2000
Layoff Costs per Worker 500
Administrative Expense 12000
New Plant Cost per Unit 45
Short-Term Loan Rate 10,0
Short-Term Investment Rate 5,0

 Membeli atau Menjual Kapasitas Pabrik

Pembelian Kapasitas Produksi

Harga      45 $/unit
Min        1.000 unit
Max      10.000 unit
Efek kwartal berikutnya

Meskipun Anda bisa membeli jumlah unit tidak dalam kelipatan 1000, namun pada saat Anda menjual nanti kapasitas produksi harus kelipatan 1000. Jadi, saya sarankan membelilah dengan kelipatan 1000.

Menjual Kapasitas Pabrik

  • Efek kwartal berikutnya
  • Harga = Nilai Buku (biaya aslinya – acc depresiasi)
  • Perhitungan depresiasi menggunakan metode garis lurus (straight-line)
  • Depresiasi = 4% * jumlah kwartal

           Di beberapa kwartal tertentu Anda akan mengalami Dilema baik itu mengenai SDM maupun operasional perusahaan. Terjadi/tidaknya dilema dapat Anda ketahui melalui layar “Production/Finance Decision”, dimana keputusan untuk menangani suatu dilema harus Anda isikan pada layar tersebut.

           Informasi permainan ini, saya sarikan dari buku “Threshold Competitor – Sebuah Simulasi Manajemen versi 3.0 (terjemahan)”. Jika Anda memahaminya dan membuat formula excel, Anda telah siap bermain. Tetapi jika Anda ingin menjadi pemenang dalam permainan ini, silahkan baca “Tips dan Trik memenangkan Game Threshold”.

  1. P.M.M.A
    15 May 2011 at 11:06 pm

    thanks infonya,
    btw, ada satu yang masih saya bingung dengan game ini, untuk menghitung net interest pada income statement itu kok agak aneh yah? gimana itu? angkanya gak sesuai dengan pengalian ratenya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: