Home > Manajemen Strategik > TIPS DAN TRIK MEMENANGKAN GAME THRESHOLD

TIPS DAN TRIK MEMENANGKAN GAME THRESHOLD

Sebelum Anda membaca blog saya bagian ini, saya sarankan untuk membaca terlebih dahulu tulisan saya yang berjudul: “Apakah Game Threshold” dan “Persiapan untuk Bermain Game Threshold”. Karena di tulisan saya kali ini, saya mengasumsikan Anda telah mengerti, bahkan lebih baik lagi jika pernah melihat atau simulasi Game Threshold sebelumnya.

Game Threshold bertujuan untuk melihat/melatih kemampuan manajemen Anda dengan sebuah kasus perusahaan manufaktur kecil yang memiliki 2 buah produk. Kemampuan manajemen Anda akan terlihat jelas dalam keputusan-keputusan yang Anda putuskan di tiap kwartal permainan. Oleh karena itu, Anda harus dapat menganalisis laporan-laporan, data biaya, dan hasil riset yang disediakan untuk mengambil keputusan yang tepat.

Sebagaimana fungsi manajemen di dunia nyata, para manajer merencanakan, mengorganisasikan, menempatkan orang dan mengendalikan. Proses perencanaan, terdiri dari menciptakan pernyataan misi, dan pernyataan tujuan, strategi dan kebijakan. Kemudian mengorganisasikan resource yang telah ada dengan menempatkan orang dan mengendalikannya.

Kriteria kemenangan saat saya dan teman-teman bermain tim threshold competitor adalah sbb dan saya tidak tahu apakah persentase dan kriteria ini dapat dirubah-rubah oleh administrator:

Sales 20%
Income (profit) 50%
ROA 20%
Sales Forecasting 10%

Berikut tips dan trik yang dapat saya bagikan dari pengalaman saya simulasi dan bermain game threshold untuk mata kuliah manajemen strategik di salah satu Sekolah Pascasarjana di Jakarta:

  • Anda perlu membuat strategi yang membedakan atau membuat Anda dapat menang dari persaingan di industri. Misal: strategi diferensiasi atau low price.
  • Gunakan informasi potensial demand di riset pemasaran untuk menentukan berapa banyak Anda membeli raw material saat ini dan membuat peramalan sales terhadap produk Anda pada kwartal berikutnya.
  • Gunakan laporan arus kas / Cash Flow Statement untuk menentukan berapa jumlah uang yang perlu Anda pinjam dalam jangka pendek.
  • Kenaikan pada potensial demand dapat mengarahkan Anda untuk ekspansi kapasitas produksi dan penambahan tenaga kerja. Sedangkan penurunan pada potensial demand mengarahkan Anda untuk menjual kapasitas produksi Anda dan memberhentikan beberapa tenaga kerja untuk menurunkan Fixed Cost.
  • Gunakan kapasitas produksi pabrik Anda lebih dari 100% tapi masih di bawah 120% dan pastikan tidak ada tenaga kerja yang lembur walaupun memaksimalkan penggunaan kapasitas produksi. Hal ini dapat Anda lakukan dengan formula excel sesuai dengan informasi yang saya bagikan di blog saya yang berjudul “Persiapan untuk Bermain Game Threshold”.
  • Setiap pekerja awalnya dapat memproduksi 250 unit produk 1 atau 300 unit produk 2. Sehingga, dapat ditarik kesimpulan Anda dapat memproduksi lebih banyak produk 1 daripada produk 2 dengan kapasitas produksi yang Anda miliki. Maka gunakan informasi ini untuk menentukan kombinasi jumlah produk 1 dan produk 2 yang hendak Anda produksi.
  • Gunakan laporan laba-rugi untuk memastikan Anda untung, jika sales Anda sesuai dengan ramalan Anda.
  • Karena kehabisan persediaan mungkin lebih mahal daripada biaya menyimpan persediaan hingga periode berikutnya, maka Anda disarankan untuk menyimpan bahan baku 25% lebih banyak dari kebutuhan produksi.
  • Gunakan laporan riset pemasaran untuk melihat strategi dan gerakan para pesaing Anda dan mengetahui apakah Anda telah menjadi market leader / market challenger.
  • Gunakan laporan kinerja industri untuk melihat status persaingan Anda dan seberapa baik Anda meramalkan sales Anda.
  • Mulai kwartal tertentu demand akan bergerak naik kemudian pada beberapa kwartal berikutnya akan kembali menurun.
  • Gunakan layar Marketing Decision pada kwartal sebelumnya untuk melihat actual demand dari produk kita berbanding dengan Sales Forecast kita.
  • Gunakan informasi buletin juga untuk mengetahui kondisi lingkungan eksternal yang akan mempengaruhi industri kita.
  • Kenali biaya yang berubah, tidak mengenali biaya yang berubah akan mengurangi kemampuan Anda untuk mengelola perusahaan Anda untuk mengelola perusahaan Anda secara efesien.
  • Supaya Anda tidak perlu banyak meminjam uang dalam jangka pendek untuk kwartal-kwartal berikutnya, maka Anda perlu menang di kwartal 1.
  • Pemenang no.1 di kwartal pertama akan sulit disaingi/dikejar di kwartal-kwartal berikutnya, oleh karena itu diperlukan keputusan awal yang sangat tepat untuk menjadi pemenang. Jika Anda berminat untuk mendapatkan kunci kemenangan di awal, Anda bisa menghubungi saya di nengsih16@yahoo.com.
  • Jika Anda telah menjadi market leader, jangan takut dengan kenaikan harga raw material asalkan demand masih stabil dan ketersediaan raw material cukup untuk semua pemain di industri. Anda juga tidak perlu menaikkan harga sehingga Anda dapat bersaing dengan para pesaing Anda.

Demikian tips dan trik yang dapat saya bagikan. Terima kasih kepada rekanku Fazril Qoriadi yang telah membuat formulasi excel untuk mendapatkan COGS yang rendah dan high margin untuk kami bermain threshold. Tidak lupa juga untuk teman-temanku semua di kelompok 3, nice work with you all. Jika Anda tertarik dengan excelnya silahkan menghubungi Fazril Qoriadi di bajilus@yahoo.com.

Berikut saya lampirkan hasil kinerja industri pada permainan kami di kwartal 1 dan kwartal 11:

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: