Home > Marketing Strategy > Inovasi

Inovasi

Inovasi yang berasal dari kata Latin – innovare – berarti “untuk membuat sesuatu yang baru”, dapat didefinisikan sebagai suatu proses yang merubah kesempatan menjadi ide-ide baru dan menjadikannya dapat digunakan dalam praktek secara luas [1]. Pengertian inovasi menurut Kotler dan Keller (2009) adalah produk, jasa, ide, dan persepsi yang baru dari seseorang. Sedangkan menurut Richard Branson (1998) dalam Tidd (2005), inovasi bukan sekedar ide-ide bagus, namun merupakan kombinasi dari ide-ide bagus, staff yang termotivasi, dan pemahaman naluriah dari apa yang diinginkan konsumen.

Inovasi produk dalam buku Managing Innovation, Tidd (2005) diartikan sebagai perubahan produk atau servis yang ditawarkan oleh organisasi. Sedangkan Paul Trott (2008) mengatakan inovasi adalah manajemen dari semua aktivitas yang berhubungan dengan proses penciptaan ide, pengembangan teknologi, manufaktur dan pemasaran suatu produk atau proses manufaktur atau peralatan baru (atau perbaikan). Sedangkan penemuan (invensi) merupakan proses konversi pemikiran-pemikiran intelektual ke dalam artifak baru yang nyata (biasanya produk atau proses). Secara sederhana hubungan invensi dan inovasi digambarkan dalam rumus sebagai berikut:

Inovasi = Konsepsi teori + invensi + komersialisasi

Inovasi dapat dikatakan sebagai implementasi komersialisasi suatu invensi dari ide-ide dalam sebuah organisasi. Kenyataannya, beberapa invensi yang sangat terkenal sebenarnya ditemukan oleh orang-orang (inventor) yang namanya telah dilupakan orang; nama-nama yang berkaitan dengan temuan-temuan tersebut adalah nama-nama pengusaha (inovator) yang telah membawa temuan-temuan tersebut secara komersial.


[1] Tidd Joe, John Bessant, and Keith Pavitt. (2005). Managing Innovation: Integrating Technological, Market and Organizational Change, 3rd Ed. USA: John Wiley & Sons, Ltd.

 

References:

Tidd Joe, John Bessant, and Keith Pavitt. (2005). Managing Innovation: Integrating Technological, Market and Organizational Change. 3rd Edition. USA: John Wiley & Sons, Ltd.

Trott, Paul. (2008). Innovation Management and New Product Development. 4th Edition. New Jersey: Pearson Education.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: